Mikael Satriohantoro_115210298
Sering di dengar di lingkungan sekitar kita penggunaan kata FOMO, FOMO atau Fear of Missing Out merupakan perasaan dari seseorang yang muncul ketika takut merasa "tertinggal" karena tidak mengikuti aktivitas tertentu. FOMO suka dikaitkan dengan perasaan cemas yang berlebihan ketika teman atau saudaranya sedang melakukan aktivitas tanpa dirinya. Hal ini akan menimbulkan persepsi bahwa kehidupan orang lain lebih baik dan seru tanpa ada kehadiran dirinya. Hal ini banyak terjadi di generasi muda sekarang, karena di zaman yang dekat dengan media sosial sekarang seperti instagram, tiktok, dan facebook, mereka merassa harus selalu mengikuti tren yang sedang viral agar tidak dibilang ketinggalan zaman.
Menurut Psychology Today, FOMO dapat memberikan dampak yang negatif kepada diri. Penelitian yang dilakukan di McGill Universsity menunjukkan bahwa FOMO dekat dengan perasaan emosi negatif dan stress. Selain itu artikel lain yang membahas FOMO menjelaskan bahwa orang yang memiliki rasa FOMO memiliki tingkat kepuasan yang rendah pada hidupnya. FOMO dapat mengganggu kegiatan dan aktivitas sehari-hari kita, seperti tidak fokus ketika melakukan pekerjaan dan lain-lain.
Untuk mengatasi dan mengurangi rasa FOMO terdapat beberapa cara, yaitu mengubah fokus kita. Fokus terhadap apa yang kita miliki dan lebih mengontrol sosial media kita agar menjadi lebih positif. Yang kedua, mengurangi ekspektasi kita kepada seseorang. Jika kita memiliki ekpektasi yang tinggi, dan ketika ekspektasi tersebut tidak terpenuhi maka kita akan merasa sakit hati yang dalam juga. Maka dari itu kita harus mengontrol emosi kita dan tidak perlu terlalu memikirkan harapan kepada orang lain. Yang ketigas, penuhi dengan kegiatan yang positif. Agar kita tidak memiliki rasa FOMO, maka isi hari-hari kita dengan kegiatan yang positif seperti membaca, menulis, dan lain-lain. Ketika kita mengisi hari kita dengan kegiatan yang baik maka kita tidak akan ada waktu kosong untuk memikirkan hal-hal yang dapat mengganggu kita.
Comments
Post a Comment